Selasa, 25 Desember 2012

Aku Guru??!!!

Aku Guru??!!!
21 jan 12


Hari ini aku menjadi Guru??. Rasanya kikkuk dan bingung. Kini, aku sedang berada di depan kelas tanpa guru pendamping. dimulai dengan mengingatkan pada anak-anak bahwa kelas kita adalah kelas yang penuh permainan:

Kelas kita namanya kelas bintang karena kami ingin punya nama. Tidak hanya sekedar kelas 6 karena di sd bojong 4, bojong2 dan sd lainnya tentu ada kelas 6, tapi belum tentu dengan kelas bintang, begitu penjelasanku pagi itu. Sebenarnya nama bintang sudah kuset dari awal tapi aku tidak pernah menawarkan secara eksplisit. Aku ingin mereka kreatif. Aku hanya memancing mereka dengan menyebutkan para bintang idola mereka. Cita-cita mereka...sampai mereka dengan sendirinya bilang bahwa mereka ingin menjadi kelas bintang, kelasnya para bintang kelasnya sang bintang.

Semua bisa berjalan baik jika ada aturannya. Dan tentu anak-anak akan suka dengan tantangan yang seru dan asyik layaknya ketika mereka bermain games. Tentu selalu ada aturan khan???Kelas pagi ini dimulai dengan Aturan main kelas bintang. 


Dengan cerita panjang tentang para tokoh sambil memasukkan kebiasaan yang mereka lakukan hingga mencapai kesuksesan mereka. Dan akhirnya terbentuklah aturan main yang mereka buat sendiri secara bersama:
1. Jujur
2. Membaca sebelum dan sedudah belajar
3. Belajar kelompk
4. Besih dan rapi
5. Datang tepat waktu
6. Patuhg pada kebernaan (bukan patuh pada ibu atau siapa tapi kebenaran yang datang hanya dari Allah )
7. Tidak berisik sendiri (tapi boleh berisik bersama dengan syarat untuk belajar)
Hmhm ,diantara peraturan ini, ada 2 peraturan yang tak kusangka bisa keluar dari pemikiran mereka. Pertama, kebiasaan belajar sebelum dan sesudah masuk kelas dan dan belajar kelompok. Ide ini keluar dari sindi, sang pemimpi. Suatu hari di beberapa hari kemudian aku baru tahu sindi anak piatu dengan ibu tiri tapi dia selalu menjadi juara kelas menempati possi kedua setelah eca


#to be continued....hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar