SPA Goes To SME's
LAPORAN OBSERVASI DAN ISSUE TREE
SAUNG ROSHA @Kukel
Pemilik Pak Hasan
SHINE team:)
- Siti Nursari Ismarini
- Rahma Suci Sentia
- Ema Yunika
- Irsalina Rizka Nurfadhilah
Profil UKM
(bidang usaha/ industri, pendapatan bulanan, keuntungan/omzet rata-rata, jumlah
pegawai, dsb)
ukm saung rosha
bergerak di bidang makanan. Saung rosha menjual makanan soto, sop, dan ayam
goreng. Selain itu, warung ini juga menjual minuman degan. Secara umum, sasaran
konsumen ini adalah karyawan/pekerja atau keluarga yang sering lalu lalang di
daerah tersebut, jika kita melihat dari menunya yang cukup berat (sop buntut,
sop iga) dan harganya yang cukup mahal (sop buntut 21 ribu, soto daging 16
ribu, sop iga 13 ribu). Kami kesulitan untuk mengetahui secara pasti berapa
pendapatan dan keuntungn rata-rata per bulan karena usaha tersebut tidak
memiliki pembukuan. Namun berdasarkan estimasi pemilik, penerimaan per bulan
mencapai 10 juta hingga 15 juta dengan keuntungan bersih rata-rata 5 juta per
bulan. UKM ini memiliki 3 orang pegawai.\
Bagaimana
UKM menciptakan produk (barang atau jasanya)? (proses produksi)
Setiap 4 kali dalam
satu minggu pemilik membeli bahan makanan ke pasar. Setiap kali belanja, uang
yang dihabiskan kurang lebih 1 juta untuk makanan dan minuman. Untuk minuman,
pemilik membelinya 200 degan sekali stok dengan harga per degannya adalah 2500.
Minuman tersebut dijual dalam bentuk degan butiran dan es degan siap minum.
Untuk degan butirannya, satu butir dijual dengan harga 7000-8000 dan untuk es
degan satu gelasnya 3000. Sedangkan untuk makanan, pemilik membeli daging dan
iga dalam jumlah banyak, sedangkan babat dan butut dibeli dengan frekuensi
lebih jarang yaitu 3-7 hari habis 2 kg. Harga dari menu-menu yang ditawarkan
adalah: (1) ayam goreng 12000, (2) soto daging 16000, (3) soto babat 15000, (4)
soto ayam 13000, (5) sop buntut 21000, dan (6) sop iga 13000. Proses pembuatan
makanannya, setiap satu kali menyiapkan bumbu dan bahan makanan dapat digunakan
hingga dua hari. Hal ini seiring dengan pola belanja yang biasanya sekitar dua
hari satu kali. (Kecuali hari sabtu dan minggu belanja satu kali satu hari,
sehingga secara keseluruhan belanja 4 kali satu minggu)
Fungsi
bisnis apa saja yang sudah dijalankan dan bagaimana fungsi tersebut dijakankan
saat ini? (produksi, pemasaran, pengadaan dan distribusi, keuangan, SDM)
Fungsi bisnis yang
dilakukan saung rosha adalah produksi, pengadaan dan distribusi, keuangan, dan
SDM. Dari sisi produksi, saung ini memproduksi makanan sendiri, yaitu istri
sang pemilik yang memasak dan meracik bumbu dan pemilik yang meramu minuman
dugan. Dari sisi pemasaran, tidak ada usaha pemasaran khusus yang dilakukan
oleh pemilik. Dari sisi distribusi pemilik hanya menjual makanan di saung
tersebut. Dari sisi keuangan, pemilik hanya melakukan penyisihan sebagian
pendapatan untuk membayar beban-beban (listrik, sewa). Dari sisi SDM, pemilik
mempekerjakan 3 orang karyawan, dengan 2 orang karyawan bekerja di dapur dan 1
orang karyawan bekerja mengurusi degan dan beres-beres saung.
Apakah ada
permasalahan yang dihadapi oleh Pemilik di tiap fungsi bisnis yang ada?
Dari sisi keuangan,
belum ada pencatatan laporan keuangan bahkan yang paling sederhana sekalipun.
Setiap bulannya pemilik harus membayar cicilan utang dari pembangunan saung
sekarang dan saung yang akan dipakai nantinya. Selain itu, SDM yang
dipekerjakan oleh pemilik seringkali berganti-ganti (kebanyakan 3 bulan sudah
berhenti kerja).
Analisis
SWOT
Strength: masakan dan minuman yang dijual rasanya
enak
Pemilik
memiliki keterampilan dalam mengolah dan memilih degan
Weakness: tanah yang digunakan untuk usaha statusnya
belum jelas
Tidak
ada laporan keuangan, bahkan yang sederhana sekalipun
Opportunity: lokasi strategis, di pinggir jalan dan
dekat lapangan kukel
Tidak
ada kesulitan dalam pengadaan bahan makanan dan degan
Punya
pelanggan yang loyal (75% pembeli adalah pelanggan loyal)
Threat: SDM yang bekerja sering berganti-ganti
Beban
hutang yang cukup banyak untuk dilunasi tiap bulan
Karyawan
yang mengurusi degan tidak memiliki keterampilan
Apakah ada
sumber daya yang saat ini telah dimiliki oleh UKM namun belum dimanfaatkan
secara optimal?
Ada. Saung Rosha
memiliki satu jenis produk yang sangat potensial untuk menghasilkan pendapatan
yang sangat besar karena memiliki margin hingga 75% dan setiap harinya bisa
menghabiskan sampai 100 buah kelapa, yaitu Degan.
Tujuan/
target pemilik dalam 1 tahun ke depan?
Dalam 1 tahun
ke depan, pemilik memiliki tujuan untuk ekspansi usahanya tidak hanya di tempat
Saung Rosha berada sekarang, Pemilik juga akan membuka usaha yang berkonsep
kafetaria di halaman rumahnya.
LAPORAN
HASIL OBSERVASI DAN ISSUE TREE
SAUNG
ROSHA
Kukel
Pemilik Pak Hasan
Kelompok Shine
- Siti Nursari Ismarini
- Rahma Suci Sentia
- Ema Yunika
- Irsalina Rizka Nurfadhilah
Alternative
solutions
|
Cost
|
Benefits
|
|||
Time needed
|
Estimated budget
|
others
|
financial
|
Non financial
|
|
Membuat template
pencatatan keuangan. Template ini adalah format sederhana untuk pencatatan
keuangan yang akan diberikan kepada ibu pemilik saung
|
2 minggu
|
Binder dan
potokopi template 30.000
|
Hal ini akan
memudahkan ibu pemilik saung rosha yang sehari-hari menjaga dan mengatur
keuangan lebih mudah dalam melakukan pencatatan. Selain itu, dengan adanya
catatan keuangan yang jelas, akan lebih mudah untuk menganalisis keuangan
untuk ke depannya.
|
||
Show off penjualan
Degan. Pembuatan tempat untuk menjajakan di teras saung.
|
1 bulan
|
Etalase 250.000
|
Penjualan degan
meningkat dan keuntungan akan bertambah
|
Masyarakat yang
lewat akan lebih aware dengan produk degan yang dijual sehingga penjualan
produk degan diharapkan akan meningkat.
|
|
Melakukan
silaturahmi atau cara-cara cultural untuk meningkatkan loyalitas pegawai.
|
Dua kali satu
tahun terutama saat hari raya
|
50.000x2=100.000
|
Keloyalan pegawai
sehingga pegawai dapat terbiasa dengan ritme kerja di saung rosha dan
menambah kapasitas karena seringnya berjualan.
|
||
Merekrut pekerja
yang ibu-ibu tua atau masyarakat sekitar lokasi penjualan
|
Tergantung kondisi
ketika sdm yang sekarang tidak bekerja lagi.
Estimasi untuk
merekrut 2 minggu
|
Tidak ada biaya
|
Pekerja ibu-ibu
tua atau orang yang tinggal di daerah sekitar akan lebih ajeg dan tidak
pindah-pindah dalam bekerja.
|
Pasted
from <file:///C:\Users\seven\AppData\Local\Temp\Rar$DIa0.573\Laporan%202%20Training%20SPA%20Goes%20to%20SMEs.doc>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar