Selasa, 28 Juli 2015

Ada yang Kosong

Tepat setahun yang lalu, disaat ramadhan indah disambut syawal di Bukittinggi, aku, hambamu yang lemah berlari tanpa berkabar.
Tepat saat itu, aku dilanda puncak cinta yang mendalam pada Kalammu,,,disaat itu setahun genap aku mulai berkenalan dengannya, Alquran.
Rasanya tepat setahun yang lalu, Kau menegur kerasku melalui kalamMu.
Dan akupun berlari, aku pun mencari, menyongsongnya, cahaya yang ingin kuraih.
Dan disanalah ketika dunia dan akhirat terasa tidak bisa lagi kukejar dalam satu waktu.
Aku merasa dalam bayangan untuk memilih...
Dan dalam perjalanan panjang pilihanku itulah, tangisku tumpah, harapku penuh, syukurku penuh, sabarku indah ,,,,menurutku....hambamu yang hina ini....
Tapi tatkala kesempatan mahkota itu kau beri padaku, aku justru menolaknya....
Hatiku penuh rasa tanya, apakah benar pilihanku...

Dan tidak ada yang salah dengan pilihan karena Allah..
yang salah adalah kita yang menjalaninya tanpa Allah..
lupa mengajakNya dalam setiap detik dan helaan nafas,
hingga kita menjalani pilihan dalam kenikmatanNya tanpa lagi menyadari 'dengan penuh' Ia ada

dan ketika harap mu tak lagi dalam,
syukurku mu tak lagi ruah..
sabarmu  mulai berbatas,,
dan Alquranmu tak menyentuh ada rasa rongga kosong dalam dada..
itulah pertanda kau tak lagi mengajakNya.......


dan ketika ghurur menjadi bagian mu
la'ib, khafur, katshur....
kesenangan dunia, berbangga atas yang dilakukan, dan berlomba untuk menjadi yang paling banyak memiliki...
itulah pertanda kau tak lagi mengajakNya.......


dan pilihanmu menjadi salah...
saat kau memilih pilihan yang tak lagi membuatmu makin Cinta padaNya
tapi cintamu sesungguhnya pada dunia yang kau baluti dengan namanNya
maka pantaskah memperoleh Alfalah....jannah firdaus?
Cobalah berkaca, wahai jiwaku yang penuh dosa...
-------------------
muhasabah Alfatihah, AlHadid dan Almu'minunku......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar