Sabtu, 11 Oktober 2014

Kepemimpinan Umar Bin Khatab


Khutbah I'tikaf #25
@Masjid UI, Depok
Oleh Ust.Hilman Rosyadi
Judul:Kepemimpinan Umar Bin Khatab

10 Hari pertama rahmat,maghfirah,dan dilepas dari neraka.
Filosofis urutan
10 Hari pertama: Rahmat. Ini adalah awalan yang membuat kita shock.puasa,taraweh,perbanyak tilawah,hingga banyak ibadah yang kita lakukan tapi tak maksimal. Lihat makanan,pengennya balas dendam. Qiyamul lail ketiduran. Bnyak hal yang meleset.tapi pahala dari Allah tetap sempurna
10 Hari kedua:Gak boleh ada lagi yang meleset.
Kita berusaha agar tidak salah. Jika salah,Allah catat sebagai kesalahan.tapi Allah maafkan
10 Hari terakhir: dibebaskan dari neraka. Neraka apa?lepas dari kesalahan, targetnya sampai bahkan harus lebih lagi.
Maka agar kaum muslimin sempurna di 10 hari terakhir maka Rasulullah membingkai dengan 2 jenis ibadah agar kualitasnya lebih meningkat:
I.i'tikaf
Memperbanyak kehadiran di mesjid. Kehadiran!!!Bukan memperbanyak di mesjid. Makanya kalau ada seminar,perkuliahan,selalu ada daftar hadir,bukan daftar ada. Ini menunjukkan daftar ada beda dengan daftar hadir.
Tuntutannya adalah hadir.
Ada sebuah muhadasah,dahulu ada cerita ttg guru yg absen anak2. Misal: Taufan? "Hadir,ya ustadz".
Hadir: terjaga emosinya.
Itikaf adalah memperbanyak kehadiran di mesjid. Ini penting!!
Karena kini banyak yg itikaf tapi hadir di twitter,WA atau malam mimpinya.
Ulama mengatakan i'tikaf adalah hadir di mesjid dalam rangka beriman pada Allah. Catatan amalnya akan diangkat saat orang tidur.
Kehadiran harus disesuaikan dengan syariat mesjid.Wanita haid dan nifas tidak bisa di masjid. Jual beli gak boleh di masjid.
Maka lakukanlah yang diizinkan di masjid,yakni
1.Sholat
Berjamaah utk yg fardhu,taraweh selebihnya silahkan munfarid
2.Tilawah Alquran
Berjamaah/munfarid.
Jika berjamaah 3-7,maka tadarus lah dengan adanya orang yg bisa mengoreksi bacaan alquran kita/tahsin.
3.Zikir dan Doa
Apalagi kita manusia,orang2 yang butuh pada Allah.
sakit butuh disembuhkan dan Hanya dia yang Menyembuhkan.
Mau menikah?Bapaknya belum mengizinkan. Doa sama Allah yang Maha Membolak Balikkan hati.
Maksimalkan doa.
Terlebih jika kita tingkat kepedulian. Mungkin ada kelompok orang miskin yg sangat membutuhkan. Ada saudra di Palestina yang sdg berperang. Mereka butuh Doa.
4.Ta'lim
Lalu bagaimana kalau ngantuk?Itu adalah anugrah dari Allah.tapi jangan lanjutkan dengan tidur.
Maka sunnah dari i'tikaf itu adalah rombongan. Dia bangunkan keluarganya,kemudian beliau menghidupkan malam2nya.
II.Mencari lailatul qadr.
Jangan cari di siang hari. Malam2 nya hanya di malam2 ganjil aja.berarti malam 21,23 sdh lewat. Dan hari ini malam 25,maka manfaatkan kesempatan ini.
KETERJAGAAN dan KESEMPURNAAN kita malam ini menjadi PENTING,karena ada kemungkinan lailatul qadr
TERJAGA dari sejak hadir di mesjid hingga terbit fajar.Tidak tidur.
Cirinya dilihat ketika ba'da subuh. Ini sesuatu yang niscaya.cirinya objektif.kalau badannya ngantuk,pegal2,kemudian dapat lailatul qadr.
Nah,kalau dia bangun segar bugar,bermimpi,kemungkinan gak dapat lailatul qadr.
Kesempatan lailatul qadr ini ,jangan sampai lepas.
Sehingga janji Rasulullah bahwa 10 hari terakhir adalah pembebasan api neraka adalah hal nyata,bukan retorika.
Jadi berbahagialah hadirin bila malam hari ini kita bersungguh2 dan berusaha mendapatkan lailatul qadr.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Baik,tema kita adalah Umar.beliau tidak lepas dari Nubuwah Rasulullah SAW.
Kehidupan para sahabat merupakn bagian dari siroh.maka semua nya tergolong hadist.apalagi yang dikisahkan sahabat utama dan jg khulafaur rasyidin,yg segala keputusannya ketetapannya merupakan bagian dari nubuwwah Rasulullah SAW.
"Hendaklah kalian pegang sunnahku dan para khulafaur rasyidin sesudahku dan gigitlah dengan erat dan jauhkan lah dari bid'ah.karena hal baru adalah jid'ah.
Berarti mmpelajari ttg sahabat sama pentingnya dgn siroh Rasulullah.
Walaupun kita sadar,mereka tidak ada yg derajatnya sebagai Nabi.tapi sikapnya benar2 mencapai apa yang diamanatkan Rasulullah.
Justru keteladanan mereka bagi "Kita" lebih penting daripada Rsulullah.
Kenapa?karena beliau ma'sum.sdangkan sahabat tidak ma'sum. Lebih penting krn sahabat yang menyaksikan kerasulullan Muhammad saat tdak ada yang mendukung. Mereka hidup tanpa kemaksuman dan bimbingan Jibril.
Benar atau salahnya kerasullan Muhammad haruslah mereka buktikan dan saksikan.
Jadi jangan pernah anggap remeh para sahabat.
Abu Bakar memimpin 2 th. Umar 10 th.Usman 12th.Ali 6th. Sehingga totalnya 30th.
Naik Hasan,dan menyerahkan mandatnya ke kaum muslimin.kemudian mengangkat Muawiyah.
Muawiyah dalam pidatonya:" Khilafan itu 30tahun. Aku adalah yang mengakhiri kekhilafahan yang dikatakan Rasulullah dan akulah yang memulai monarki.
#Abu Bakar berjuang utk eksistensi islam stlh Rasulullah meninggal.
Muhammad datang dgn kenabian dan keislamannya.
"Hari ini aku sempurnakn agama mu utkmu"
Penyempurnaan nikmat dengan Alkitab dan Sunnah. Dan ini yg harus dijaga Abu Bakar.dan berhasil dengan kisah utama.
#Umar melakukan ekstensi dan taksis. Bahwa islam sebatas ibadah,syariat dalam konteks ibadah,nikah,jilbab,anak yatim. Tapi sebuah "sistem yg komplit".mulai dari tata kelola pemerintahan,tata model kota peradaban islam,mengelola keuangan negara dengan BMT,neraca adil antara pndapatn n pngeluaran negara,tata militer,dan penegakkan hukum.
Umar menjadi pondasi penting bagi peradaban islam. Pertama yang membuat penjara,bagaimana sidang hukum,pengaduan,pidana/perdata.
#Usman: ekspansi luar biasa. Seperti memberangkatkan tentara maritim ke Cyprus
#Ali:memelihara ekstensi krn berada dalam ancaman.
Pelajaran bila islam tetap eksis ktk berada dalam tekanan.
Keempat khulafaur rasyidin penuh keteladan
Kembali kepada Umar.
Umar diberi gelar Alfaruq. Figur yang keliatan kontras ketika islam dan sblmnya. Dari peminum khamar hingga menjadi pribadi sholeh berbeda dgn khalifah yg lain. Jahiliyah banget jadi sholeh banget
Semangat furqannya melekat yg kadang2 sering dikritik sama yg lain,keras,suka memaksakan kehendak. Selalu terus terang,bahkan saat bersama Rasulullah.
Kedekatannya makin dekat,saat Hafsah bin Umar menjadi istri Rasulullah. Tapi kefurqanannya tetap terpelihara.
Jenius.
Ada 4 ayat yg bercerita ttg pselisihan pendapat antara Umar bersama Rasul dan Umar dibenarkan oleh Allah. Kejeniusan ini kunci kesuksesannya.
Keteguhan Umar sudah diisyaratkan oleh Rasulullah. Beliau adalah awal adanya pintu fitnah. Maka baca sejarahnya Dr.Syarabi atau tonton filmya.
Q&A
Q:apa pertimbangan pemerintahan di Kuffah?
A: Madinah sudah terbentuk saat Rasulullah. Makkah sdh jd metropolitan. hingga pembangunan ini berlanjut di Asia Tengah,Afrika dan Spanyol.
Aturan tata kota ini akhirnya ditetapkan para sultan di Indonesia.ada alun2 ,ada mesjid agung,ada pendopo,ada pasar,penjara,pasar,ditengahnya alun2.dan ini tak lepas dari tata kota hukum islam
Q:bagaimana kejayaan itu tdk eksis lagi dan banyak intriks?
A:karena ada penurunan kualitas rakyatnya.
"Jika.kaum muslim.kehidupan budaya,pendidikannya jauh dari islam maka Allah gantikan dgn kelompok baru. Tolong menolong dan tegas dan bsungguh dengan semua bidang yg digeluti.  Dan sunnguh2 berjihad.
Jangan sedih dgn realitas .karena sistem islam adalah yg paling lama tegak slama 12 abad.jika jatuh itu adalah realitas dan ditetapkan Allah.
Pilihan kita adalah menjadi umat yg digantikan atau yg menggantikan. Maka upaya kita adalah untuk dicintai Allah dan tingkatkan kepedulian kita pada bangsa yg lain. Bersungguh2 dengan tidak takut dan komentar inilah yg kita kejar. Dan perhatikanlah firman Allah ini
Al-Ma'idah  (ayat 55-56)
ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻭَﻟِﻴُّﻜُﻢُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻭَﺭَﺳُﻮﻟُﻪُ ﻭَﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ
ﻳُﻘِﻴﻤُﻮﻥَ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓَ ﻭَﻳُﺆْﺗُﻮﻥَ ﺍﻟﺰَّﻛَﺎﺓَ ﻭَﻫُﻢْ ﺭَﺍﻛِﻌُﻮﻥَ
55. Sesungguhnya penolong kamu
hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan
orang-orang yang beriman, yang
mendirikan shalat dan
menunaikan zakat, seraya mereka
tunduk (kepada Allah).
ﻭَﻣَﻦْ ﻳَﺘَﻮَﻝَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺭَﺳُﻮﻟَﻪُ ﻭَﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻓَﺈِﻥَّ
ﺣِﺰْﺏَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻫُﻢُ ﺍﻟْﻐَﺎﻟِﺒُﻮﻥَ
56. Dan barangsiapa mengambil
Allah, Rasul-Nya dan orang-orang
yang beriman menjadi
penolongnya, maka sesungguhnya
pengikut (agama) Allah itulah yang pasti menang.
Wassalam.
$$$$$$$$$$
Kajian I'tikaf #26
@Masjid UI,Depok
Ust.Arsalsjah,S.Hum
Saksikanlah bahwa Aku seorang Muslim
[Tadabbur Maryam 30-32]
Al-Qur’an surat Maryam ayat : 30-32
Artinya, “Berkata Isa:"Sesungguhnya
aku ini hamba Allah, Dia memberiku
Al-Kitab (Injil) dan Dia manjadikan aku
seorang nabi.” (QS. 19:30)
“dan dia menjadikan aku seorang
yang berbakti di mana saja aku
berada, dan Dia memerintahkan
kepadaku (mendirikan) shalat dan
(menunaikan) zakat selama aku
hidup.” (QS. 19:31)
“dan berbakti kepada ibuku, dan Dia
tidak menjadikan aku seorang yang
sombong lagi celaka.” (QS. 19:32)
Kita adalah hamba Allah,yg diturunkan kepada kita kitab suci walaupun tdk scra langsung.
Kita terima status itu,status kehambaan dan kitab itu.
Sbagaimana Allah mnjadikan Isa sebagai hamba yg diberkahi,begitu pula kita dijadikan hamba yg diberkahi dalam keadaan apapun tanpa harus nunggu ramadhan. Dan sebuah keniscayaan,krn kita hidup dibulan ramdhan,di bulan mubarak,kita melakukan aktivitas2 keberkahan! Sehingga kita menjadi hamba yg diberkahi.
Justru aneh,jika kita hadir dalam bulan ini,tapi tdk melakukan aktivitas kberkahan.
Ibnu Al qayyim:
Carilah hatimu disaat engkau berkhalwat denganKu.
Carilah hatimu saat di majelis zikir
Carilah hatimu saat interaksi dgn Alquran
Yang dengan hati kita merasakan kenikmatan dalam setiap aktivitas ibadah,hingga muncul rasa ingin terus dan trrus,tambah dan tambah,tidak ingin besegera selesai,tapi ingin bersegera melakukan.
Dan tdk ada tempat tdrkat utk berdua selain sholat.kita tdk menyoalkan sholat wajib,krn itu sdh jelas. Tapi yg kita maksud adalah sholat2 sunnah.dan yg paling tbaik adalah qiyamul lail.yg dimulai dari ba'da isya hingga subuh.
Simpelnya qiyam adalah taraweh.
Adakah kita merasakan kenyaamanan dalan setiap taraweh yg kita lakukan?hingga ingin berlama2.
Ataukah kejenuhan atau kecapekan,ingin bercepat2,bahkan membuat kita terlalu mudah meninggalkan taraweh kita
Taraweh itu bermakna istirahat.dari kata raha,yaruhu,istirahat.
Maka orang istirahat ketika dia merasakan kelelahan.dan taraweh adalah pindah dari istirahat ke istirahat...hingga kita berpanjang dan berlama2.
Sudah kita menemukannya?
Sudah kita menikmati dalam setiap majelis zikir?
Sudah mampukah mengambil hikmah dari kajian yg ada ?
Atau apakah kita berpikir " ah,tidak ada yg bisa kita dapat dari ustad itu?ah,ustadz itu cuman tamatan itu"
Padahal sahabat dahulu datang sengaja ke sahabat lain utk mendengar nasehat. Padahal mereka tahu apa yg disampaikan itu,mereka berasal dari satu guru. Bukan ilmu baru yg mereka cari,tapi mereka sadar bahwa manusia adalah gudang dosa dan lupa,maka perlu saling menguatkan dan menasehatkan
Sudahkah kita merasakannya?
Sudahkah kita merasakan kenyamana hingga relung kalbu utk setiap untaian ayat Alquran?walaupun kita tak mmahami artinya
Makanya Allah mengataka," orang2 berimana adalah org jika disebut nama Allah maka bergetar katanya"
Maka bukalah satu lembar Alquran dan setiap baris hampir kita temukan nama Allah atau nama penggantinya Arrahman Arrahim.dan dari setiap baris ayat,telah bergetar hati kita?
Sudahkah kita merasakan getaran itu?ataukah kita merasa pegal dipunggung kita?
Jika kalian belum menemukan hati kalian pd 3 saat itu,maka berdoalah pada Allah karena pada saat itu kalian belum memiliki hati.
Bulan ramadhan adalah bulan dimana kita berinteraksi banyak drngan 3 saat itu?
Tapi berapa banyak yg meninggalkan taraweh sbgai qiyam kita?
"Ah itu perkara sunnah doank"
Dan berapa banyak agenda kajian taraweh tiap malam ramadhn,tapi kita abaikan.
Dan dipagi siang malam ramadhan,kita makin banyak berinterksi dengan Alquran.tapi sudahkah kita rasakan?atau hanya kejar target?tanpa perhatikan tajwid,makharijul,dan makna?
Ini hanya awal.
Jika kita sudah mampu menemukan hati,maka barulah kita bisa membahas QS Maryam 30-32
Seharusnya kita menjadi manusia mubarak,dimulai ramadhan,dan kemudian keberkahannya menyebar hingga bulan2 selanjutnya.
Menjadi manusia diberkahi dengan kebaikan yg selalu dilakukan dalam setiap waktunya.
Ciri2 hamba yg diberkahi:
1.Menjaga Shalat
Menjaga shalat beda dengan melaksanakannya.
Boleh jadiseseorang melaksanakan sebuah ibadah dan mendapatkan sesuatu dari ibadah itu tapu belum tentu mendapatkan tujuan dari adanya ibadah itu.
Dan semua orang srpakat,kalau ada pekerjaan yg tdk sampai tujuannya maka pekerjaan itu gagal"
Sholat tujuannya mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.
Maka lihatlah berapa banyak yg masih melaksanakan perbuatan mungkar pdhl dia melaksanakan sholatnya dengan sempurna(dari segi fiqh),dan ia mendapat pahala dari kesempurnaan pelaksanaannya. Tapi..lisannya,telinganya masih senang bergosip ria..
Dan menjaga sholat adalah tanda Kredibilitas spiritual.ini adalah kredibilitas ia dihadapan Tuhannya
2.Menunaikan zakat
Ttg bagaimana memupuk kredibiltas sosial kita.
Bagaimana kredibiltas kita dihadapan umat manusia?
Sudahkah tangan ini sangat mudah memberi?menjadi tabiat?
Atau menjadi sesuatu yg sukar.
Imam Alghazali:
Mukmin memiliki tabiat,salah satunya adakah berbagi. Dan tabiat adalah spontanitas tanpa berpikir. Maka semangat bsedekah adalah sesuatu yg spontan. Saat momennya datang,saat itu melaksanakannya.tnpa hitung berapa yg kita puny,berapa yg kita sisakan?
Sudahkah kita bertanya apa yg dibuka orang yg ada disebelah kita?
Kalaupun kita sudah mau berbagi,tapi apakah kita sdh bebragi dengan kapasitas kita.
"Hendaklah kalian berinfaq dengan  keluasan yg dimilikinya"
Punya uang satu milyar,maka ia berinfaq dengan yg ia punya.
1 Milyar tapi infaq 10ribu.itu bukan infaq!!
Punya 100ribu,beinfaq 100.itu belum berinfaq.
Sudahkah kita ouas hanya dengan 2,5% yg kita keluarkan?dia bukanlah apa2,hanya seustu yg wajib dikeluarkan.dan bkm menggambarkan kredibilitas kita.
Hingga ia mati tidak pernah behenti dalam menjaga sholat dan menunaikan zakat. Kredibilitas spiritual dan sosial dibangun sepanjang hidupnya.
Ketiga,berbakti kepada orangtua.
Kita sedang brbicara unsur paling dalam hidup kita,yakni keluarga. Baik sebagai anak,orangtua,suami/istri.
Sudahkah kita sbg anak bbakti kpd orangtua?
Sbagai orangtua sudahkah memenuhi bakti pd anak?
Ingat crita orangtua yg mengadu kepada Umar ttg anaknya. Tapi anaknya justru betanya" Ya khalifah apakah kewajiban orangtua pd anaknya".
"Ya,yakni mencari ibu yg baik untuk anakny,jawab Umar.
Psikologi modrn bbicara ttg mendidik anak sjak dalam kandungan.tapi islam bbicara mendidik anak dimulai dari memilih pasangan.lebih advanced..
Sering kedurhakaan anak dimulai dari kedurhakaan orangtuanya. Makanya bertanyalah apakah kedurhakaannya kini akibat kita?
Bakti seorang anak,dan bakti orangtua akan membentuk kredibilitas internal.
Keempat,
Membangun kredibilitas personal.
Sudahkan kita menjadi pribadi yg tdk sombong dan tdk celaka. Menjadi pribadi yg tdk disukai orang banyak?
Atau sebaliknya?
Jadilah seperti pribadi gula.
Sebutir gula,sembunyikan disuatu tempat,dan tdk sampai 5menit semut sudah ada disana.
Dimana dia berada orang ingin berkumpul dengannya. Dimana dia bersembunyi,orang mencarinya. Dayangnya dinanti dan  Perginya ditangisi.
Kata Rasulullah"Mukmin itu bisa menerma keadaan dan menerima siapapun."
Menerima keadaan mertua yg penuh kekurangan.tdk pandai menerima orang yg masuk kedalam hidupnya.
Menerima istri yg datng dalam kehidupan.ia siap menikahi kelebihan dan kkurangan wanita itu.
Allah ingin menegaskan kpada kita sbgai mukmin pandailah untuk menerima sgala kelebihan dan kekurangan sambil berupaya mmpbaikinya.
"Kenapa gak ikut arisan,pak"
"Ah,malas.isinya gosip doank.ngapain"
Tidakkah ia sadar bisa jadi kehadirannya diarisan,membuat orang mengenalnya. Orng melihat kebaikannya,dan ia akan menjadi teladan dalam kebaikan.
Mukmin itu pandai menerima. Ketika punya anak kedua,yg tdk sesempurna anak yg pertama. Ia mampu menerimanya tanpa membandingkannya. Itulah mukmin
Kemampuan menerima itu bukanlah kemmpuan ttinggi.
Tapi selain mampu mnerima,ia juga mampu diterima.
Ada acara,ia tdk pernah diundang.
Ia menikah dan bergabung dengan keluarga si wanita tapi ia yak diterima.bukan karena agamanya tapi akhlaknya. Ia dilihat sok suci,orang tak melihat kebaikan pd nasehatnya krn akhlaknya yg tdk baik.
Perhatikan hadist Rasulullah bhawa dak sedikit ksolehan sosialnya mnjadi penentu kesholehan spiritual.
Dan tdk sedikit kesolehan spritual menjadi negasi kesholehan sosial.
Bukankah kita pernah mendengae kisah sahabat soleh yg sakaratul mautnya thmmbat krn ibunya tak mau memaafkannya. Hingga rasulullah berkata,"seandainya kalian meninggal dalam keadaan spt itu sungguh tak ada sedikipun  ibadah kalian yg bisa menjadi penolong kalian nanti. Seulama dan sesholehan apapun kita,tak ada artinya tanpa soleh sosial.
Cerita sahabat yg mengadu pd Abu Bakar:
Disaat aku dekat dengan Rasulullah,aku tahu berapa dekatnya surga dan pnasnya neraka. Dan saat aku bersama anak dan istriku,aku merasa tidak ada panasnya neraka itu. Bukankah itu tanda munafik,ya Abu Bakar?
Kalau begitu,aku jg munafik,kata Abu Bakar.
Abu Bakar akhirnya mengadu pada Rasulullah. Dan Rasul berkata adalah terbaik jika kalian selalu menjadi terbaik saat bersamaku.tp itu bukanlah suatu perkara mudah.makanya jangan berlebihan dalam ibadah.
Apa pesan Rasulullah? Iman itu naik turun. Tapi trennya harusnya naik walaupun gerakan grafiknya naik turun.
Ulama mengatakan: sebuah keniscayaan,akan ada dosa kecil yg kita lakukan setiap harinya tanpa kita sadati atau sadari.
Maka sholat lima waktu,jumat ke jumat,ramadhan ke ramadhan adalah masa dihapusnya dosa dari dosa satu ke dosa lainnya
Maka tidak mungkin ada mekanisme penghapusan itu diciptakan Allah  tanpa adanya kehadiran dosa.
Makanya perlu adanya early warning system yg mengingatkan kesalahannya.
Sadarilah dosa kita terlalu banyak. Dan janganlah kita hadir dalm tiap ibadah pada Allah,dengan muka tanpa/sedikit dosa.
Makanya Iqro!!!Bacalah kitab amal kita mulai.kini.jangan menunggu hari pembagian rapor akhirat.agar bisa kita tambal. Amin
Semoga kita menyadari kehambaan kita,dan memanfaatkan momentum kberkahan ini. Hingga kita bisa merasakan begitu nikmatnya dalam sholat kita,majelis zikir kita,dalam lantunan ayat suci kita. Dan menjadikan kita pribadi yg memiliki kredibilitas spiritulal,sosial,internal dan personal.
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar