Rabu, 26 Desember 2012

Pilihan Saya Adalah Saya


Pilihan Saya Adalah Saya
Oleh Rahma Suci Sentia (096558874)
#essay buat FSI ketika daftar jadi staf di tahun pertama
Menjadi badan promotor dakwah islam dalam lingkungan fakultas mahasiswa ekonomi, FSI FEUI telah berjuang keras membuktikan eksistensinya. Melaksanakan amanah Illahi dalam menyebarkan amar ma”ruf nahi mungkar bersama-sama rekan mahasiswa merupakan tekad juang yang digenggamnya. Oleh karena itu, saya sebagai muslimah dari keluarga besar FEUI bermaksud ikut serta bersama-sama mewujudkan visi dan misi mulia yang diusung tersebut.
Menjadi pilihan utama saya untuk dapat bergabung dengan SHINE FSI FEUI. Departemen ini memberikan hawa baru dalam lingkungan perekonomian dan bisnis kapitalis bahkan sosialis yang biasa dianut sebagian ahli ekonomi bangsa ini termasuk dari kalangan civitas ekonomi UI. Ekonomi Islam telah sejak berabad lalu diajarkan Rasulullah SAW dan sepatutnya dihidupkan dalam masyarakat sebagai langkah terbaik untuk menyelesaikan isu-isu negatif perekonomian. Saatnya kini, UI yang melahirkan para ekonom ternama yang selalu berada di pintu utama pembuat keputusan ekonomi bangsa bukan lagi hanya orang-orang yang mendasarkan keputusannya berdasarkan pemikiran barat saja melainkan sepatutnya berbasis syariah agama islam. Saya ingin berdiri di barisan pertama dalam berdakwah di bidang perekonomian kini dan kelak. Ilmu saya yang belum ada bahkan sulit didapatkan dalam pembelajaran FEUI menjadikan departemen ini menjadi opportunity saya untuk mulai mengenal ekonomi dan bisnis syariah.
Departemen Syiar dan Kajian Strategi Islam (SKIS) sebagai kunci utama dalam menyiarkan isu islam dalam lingkungan fakultas serta membantu lingkungan mencari solusi terbaik dalam pemecahan problematika masyarakat, khususnya mahasiswa FEUI. Tak elak, setiap individu muslim/ah menyadari telah bergesernya makna islam dalam kehidupan kita. Islam bukan lagi pegangan dalam setiap tindak tanduk pemeluknya tapi sekedar pemenuh kehausan spiritual saja. Bersama-sama teman lainya, saya berkeinginan untuk kembali menempatkan paradigma tersebut pada posisi sebenarnya terutama di lingkungan fakultas. Mengkaji dan menyelesaikan isu sosial, politik, budaya yang terjadi di lingkungan berdasar pemikiran islam adalah keinginan terbesar saya.
Pilihan jurusan akuntansi membawa saya ke lingkungan kampus ini. Tak menginginkan sekedar teori saja yang didapat tapi juga pengaplikasiannya langsung di lingkungan, terutama pada hal-hal kecil disekitar lingkungan membawa saya berkeinginan bergabung dengan Biro Kontrol Internal FSI FEUI. Saya berharap dapat berkontibusi memberikan ilmu yang baru sedikit saya peroleh untuk kepentingan FSI sehingga saya dapat menambah ilmu sekaligus berdakwah.
Semoga semangat juang saya yang ingin berkontribusi dalam dakwah islam secara profesional demi umat yang madani sejalan juga dengan visi FSI. Tak ayal, harapan itu dapat terwujud dengan baik ketika saya bisa bergabung dengan organisasi ini. Saya belum mampu dan mengerti apa-apa dan tapi saya memiliki kemauan untuk belajar dan memberikan yang terbaik demi FSI 2010 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar