Rabu, 20 Maret 2013

Skripsi Makes Fun :) :) :)


    Heiho teaman-teman seperjuangan skripsi…:) bagaimana skripsinya…?ups,salah ya pertanyaannya?heheh ^^. Ya ya, akhirnya saya tahu rasanya bagaimana 'malesnya' kita menjawab pertanyaan tentang skripsi disaat-saat seperti ini. Apa kalau ditanya bab berapa. Wahaha..geleng2 ingat sekarang tanggal dan bulan berapa dan skripsi masih aja berjalan ditempat. Bagaimana??
    Di tengah skripsi, alhamdulillah hari ini saya mendapat  inspirasi dari bapak -bapak dan ibu perpustakaan UI tercinta:). Mengapa? Karena perpusatakaan UI dengan baik hati menyediakan training untuk memandu mahasiswa yang sedang skrpisi di bidang sosial. Sayang sekali sebenarnya, peminat dari FE sepertinya sedikit sekali. sepertinya lagi pada memendam diri di ruang skripsi 24 jam di FE..hehe

    Ok, ingin sedikit berbagi Ilmu yang didapat semoga dapat semakin mempermudah skripsi kita, sobat. Dan memberikan hasil karya terbaik di kampus tercinta dan ilmunya bermanfaat bagi pengembangan masyarakat dan Indonesia.amiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn:)


    Hal-hal penting yang harus kamu tahu.


    Pertama,manfaatkanlah federated search yang ada di lib.ui.ac.id untuk mempermudah mencari jurnal :). Tentunyam  dah pada tahu proquest dunk??:) Atau sudah tahu Jstor kan? Ya..ini hanyalah 2 dari berpuluh data base online langganan UI yang bisa kita akses. Hal yang penting adalah dengan penggunaan federated search  ini kamu bisa menemukan datanya langsung dari beberapa jurnal sekaligus hanya dalam satu klik. Ini seperti portofolio jurnal langganan UI gitu :)

    Dan yang paling penting ketika kamu cari datanya, dengan 'kata kunci' , kamu akan menemukan semua bahan dengan kata kunci tersebut dari berbagai lintas ilmu. Biasanya kalau di proquest atau Jstor, kan cuman yang terkait penelitian sosial tuh. Disini, kamu bisa mendapatkan jurnal yang membahas dengan 'kata kunc'i tersebutbaik dari social maupun dunia  science.

    Pesan dari bapak ibu pustaka. Ilmu itu sebenarnya pondasinya sama. Kedepan, ilmu sosial itu tidak menutup kemungkinan memerlukan data science. Seperti kini, saat ilmu science telah banyak menggunakan referensi dari ilmu sosial. So, dengan ini pikiran kita dan wawasan kita lebih terbuka:)


    Kedua, gunakan zotero untuk membantu kepustakaan kamu. Kebayang banget ngeliat kakak kelas ketika skripsian dulu, dan hal yang paling sering bikin mereka 'huft sendiri ' adalah menyusun dengan baik kepustakaan. Terkadang datanya ada, tapi kita lupa ambil URLnya dimana. Insyaallah zotero bisa jadi toolsnya. Dicoba ya:). Silahkan di search aja di google 'zotero', nanti di downoad. Kalau dah ke download akan langsung terhubung dengan dibagian bawah kanan server kamu  (lihat gambar diatas)

    Ketiga, mengatur data yang telah di download. Sebaiknya kamu punya folder sendiri untuk menyimpan datamu. Eits, tidak cukup itu saja. Sebaiknya juga foldernya disimpan lagi dalam folder, sesuai tanggalnya misal folder skripsi saya namanya zakat. Lalu punya folder lagi Zakat_20 Maret 2013. Artinya folder ini saya download tanggal 20 Maret…

    Nah, belum cukup itu semua, dalam penamaan jurnal yang telah di download kita mesti jeli cermat juga teman-teman. Jangan pernah langsung save tanpa mengedit namanya. Dan editan nama yang baik menurut bapak ibu perpustakaan ui adalah sebagai berikut , contohnya

    eJOurnal-2003-Acoounting and Auditing Zakah in Pakistan.pdf
    eJOurnal-2009-Zakah in Pakistan.pdf
    eArticle-2010-Fiqh Muamalah.pdf

    Saya sendiri sih menulisnya seperti menulis daftar pustaka, seperti ini:

    eJournal. Khan, Muhammad Akram. 2003. Acoounting and Auditing Zakah in Pakistan. Journal Islamic Studies. Pdf

    Nama yang sama, saya gunakan untuk menyimpan data di Zotero, agar memudahkan perncarian nantinya:)
     Gambar 2:Menyusun Data Yang Didownload
    Keempat, gunakan google scholar dan scirus  untuk cari data dari jurnal yang tidak menjadi langganan UI. Banyak lho di google scholar, jurnal bagus yang free dan tidak butuh fee :). Keuntungan lainnya, kalau kamu menggunakan google scholar, nanti ada histry sendiri kalau kamu sudah membuka data tersebut, jadi lebih gampang kan.

     Nah, yang paling penting, google scholar langsung menyaring data dengan format pdf, sehingga bisa langsung didonwload. Seandainya  tidak ada disediakan pdf-nya, jangan khawatir dulu. Beberapa nya bisa kita download lewat langganan UI. Salah satu cara mendeteksinya sih, cek aja apakah ada tulisan elsevir disebelah kanannya. Jika ada itu, bisa kita download di database online ui:)


    Sebenarnya masih banyak manfaat search engine yang free ini, cuman bingung menjelaskannya, karena lebih enak dipraktekkan sih..

    Yang paling ajaib sih dari sebuah kasus ini kamu bisa mencari data dengan hanya bermodal nama pengarang dan tahun. Jikalau menggunakan google tentu data yang ketemu akan  seabrek kan..yang keluar dari yang berhubungan hingga gak nyambung sama sekali. Google scholar make research becomes fun dah :D


    Kelima, berpikir luas, siapa tahu data yang kamu butuhkan ada di jurnal science walau kamu anak sosial. Seperti yang samapaikan di poin pertama. Jangan buka jurnal itu-itu mulu aja. Kalau lagi mentok , tak ada salahnya buka jurnal science, maybe hidayahmu kau temukan disana..hehe. Contohnya di online database science direct

    Seperti dosen Keuangan Syariah di FEUI, Pak Imam Wahyudi. Tesis S2 beliau tentang bunga/interest (kalao gak salah) dihubungin dengan pola perkembangan virus di biologi. Not just theory, tapi beliau bisa menemukan mekanisme yang serupa dan ilmiah dari keduanya. Makanya, isu-isunya nih tesis beliau ini langsung dipanggil dari London, UK untuk dipresentasikan :)

    Keenam, gunakanlah  lontar ui.ac.id, journal.ui.ac.id,  dan publication di lib.ui.ac.id. Disana seluruh jurnal dan karya civitas UI terkumpul. Lumayan kan menambah referensi kamu dalam bahasa Indonesa. Kamu bisa download dengan username dan password keangotaan perpus (bukan keanggootaan S IAK NG , ya) dan mendapatkan soft copi dari skripsi tesis desertasi hingga jurnal UI. Jadi, sekarang gak mesti datang ke ruang perpus skripsi di lantai 3 kan??:)


    Ketujuh, ini poinnya sih dari teman-teman yang dah selesai skripsi. Pertama, pastikan catatan skripsi itu khusus, gak nyampur-nyampur ama yang lain. Karena itu history kamu. Walaupun masih dalam 1 buku, tapi jika dicampur-campur, akan menganggu juga dan menyulitkan kita sendiri. Kedua, simpan data skripsi di banyak tempat. Siap selesai menulis walaupun satu halaman, bisa kamu update datanya ke internet , bisa sent email seperti biasa atau menggunakan google drive. Intinya kita gak tahu , apa yang akan terjadi dengan laptop ini. Apalagi, dalam 1 semester dipush buat nyari data skripsi, Maybe, one day, laptop kita sakit, kita punya backup datanya:)

    Terakhir, kalau masih butuh nyari data, butuh panduan menulis yang benar, bapak dan ibu perpustakaan UI dengan senang hati mau membantu lho. Jadi pas lewat Labkom UI, jangan hanya masuk buat ngenet doank ya. Sapa bapak dan ibu yang ada, dan tanyakan 'apa yang tidak kamu tahu pada ahlinya':)

    Sekian dulu, semangat teman2, semoga skripsi kita adalah skripsi yangbermanfaat. Karena sebaik-baik manusia adalah yangbermafaat untuk yang lain. Lets fastabiqulkhairat!!! :D


2 komentar:

  1. dan posting yang sangat bermanfaat. thanks ya :)

    BalasHapus
  2. Kak...klu bukan anak UI,gmn cara mendapatkan file nya??? Sedangkan mau ke UI jauh bgt. Saya dr jember.

    BalasHapus