Rabu, 14 Mei 2014

Lailatul Qadr

Kajian Lailatul Qadr
Ayo kita buka surat Alqadr
1.
Sesungguhnya telah kami turunkan Alquran pada malam qadr. Menurut Ibnu Abbas (pakar tafsir),yg dimaksud disini Turunnya Alquran dari laul mahfudz ke langit dunia.
17 Ramadhan merupakan tanggal turunnya ayat pertama quran ke Nabi. Itulah nuzul quran yg sering diperingati masyarakat.
2.
Tahukah kamu apa itu malam lailatulqadr.
QureishShihab mengatakan bahwa hakekat lailatulqadr tidak ada satupun manusia yg tahu. Manusia hanya tahu lailatulqadr hanya sebatas yang di Alquran dan Hadist.
3.
Malam itu lebih baik dari seribu bulan.
Apa maksudnya? Diceritakan ada Bani Israil bernama Samson/Samun yg berperang 1000bulan utk memperjuangkan agama Allah sehingga para sahabat yg mendengarnya merasa kecil karena 1000 bulan setara dengan 83 tahun 4bulan yg membuat para sahabata menjadi kecil.
Para sahabat merenungkan umur mereka hanya 60~70tahunan. Dan hanya sedikit dari itu yg hanya dipakai untuk mmperjuangkan agama Allah.
Terasalah pesimis para sahabat."Kalau begini,kita tak ada artinya dari merka yg terdahulu.
Kemudian Jibril turun" Allah yg Maha Rahim dan Rahman telah mengirimkan satu malam yg nilainya lebih dr 1000bulan."
Lailatul Qadr sebagai malam turun quran hanya datang sekali saja.tapi malam lailatul qadr datang setiap tahunnya sebagai rahmat utk umat Nabi Muhamamad.
PERTANYAAN: Apakah setiap org bisa mendapat lailatul Qadr.
Qureish Shihab: lailatul qadr ibarat tamu agung. Misalkan jika kita jemput dia ke bandara. Mungkin semua orang datang ke bandara untuk menyambutnya.
Seperti presiden yg datang kesini.semua orang bisa saja beramai datang menyambutnya. Tapi hanya yg ia kenal,yg akan ditemui dan disalaminya.
Yang benar2 akan mdapat lailatulqadr adalah yg telah meperiapkan penyambutannya jauh2 hari.tidak mungkin dalam satu hari saja,ia akan mengenal kita.
TANDA TANDA LAILATUL QADR
1.Langit cerah
2.Udara dingin
Tetapi tanda yg paling bisa dipertanggungjawabkan adalah ketika seseorang " Salamun Hiya hatta matlailfajr" ketika seseorang merasakan ketenagan yg tak pernah ia rasakan seumur hidupnya hingga terbit fajar.
Jadi tanda2 ini merupakan kenikmatan spiritual yg hanya bsa dirasakan oleh yg merasakan dan sulit untuk dijelaskan dengan kata.
Damaikah hati kita?
Tentramkah kita?
Hanya kita dan Allah yg tahu.
Marilah kita berupaya untuk melksanakan ibadah sebaiknya. Semoga kita dapat menggapai keutamaan lailatul qadr.Moga petunjuk Allah selalu bersama kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar