Road to GUIM
Perkenalkan
Saya Uni Sentia, akan menjadi pengajar muda di Gerakan UI Mengajar angkatan pertama=D
Visi: mengabdi 23 hari, terinspirasi dan menginspirasi seumur hidup
Misi:
1. Memberikan keteladan sederhana dengan role model Rasulullah pada masyarakat dan anak-anak
2. Menjadikan anak-anak Garut yang aktif, partispatif, berani bermimpi, kreatif dan mengetahui potensi diri
Strategi Mengajar
I. Model kelas:
Kelas akan dibuat dengan suasana nasionalisme, karya,spiritualisme dan inspirasi.
Ini adalah beberapa list suasana tempelan kelas yang akan penggunaaanya dipilih dan disesuaikan nanti dengan masalah yang dihadapi anak-anak kelas 6 SD 2 bojong.
Check list motivasi
- Yang muda yang berprestasi di papan mading
- Nama ditempel diatas meja dengan cita-cita dan tahunnya
- Lembar kesuksesan (sholat 5 waktu, mengaji, mebantu orang tua
- Papan Keluarga Bintang
- Papan kehadiran
- Robot Anorganik (dibuat dari dus)
- Motivasi
- Aturan main kelas (bersenang-senang)
- Pohon harapan (saya harap, bukan saya akan)
- Wisuda GUIM
Diatas meja ada papan nama disebelahnya ada cita-cita dengan target tahun dan tempat dan hal-hal yng harus dicapai agar mendapatkannya.
Meyakinkan bahwa bukan hanya pintar matematika yang disebut pintar tapi ingat 8 multi inteligence. Dan dongengkan tentang kisah si monyet, kura-kura, itik (yang diajarin kak seto)
II. Media pembelajaran
1. Belajar dengan kertas mapping yang ditempel disebelah papan dengan penuh spidol warna warni
2. Dengan kartu teka teki
3. Drama
4. Anak presentasi dengan hasl karyaàmelatih kepercayaan diri
Apresiasi dengan tabungan
III. Media ekskul
1. Formal
Sebagai PJ olahraga akan ada tiga olahraga yang akan dilakukan,
1. Atletik:
berlari, berlari estafet, push up, sit up, back up (ha ha past unyu liat anak kecil melakukan ini)
2. Main bola
3. Main benteng
2. Non formal
1. Persiapan maulid nabi
Surat untuk Nabi Muhammad
2. Lomba antar kecamatan
Belajar di lapangan terbuka..diatur jadwalnya
Kelas yang menyenangkan dan menggembirakan seperti permainan. Karena seperti permainan maka ada aturan games (ingat...bukan aturan kelas)=D
Aturan main games (sebenarnya dibuat bersama-sama dengan cara syik tapi didorong supaya kondisi seperti ini):
1. Datang disiplin, bersih , dan rapi, dan semangat
· Mengisi absen kehadiran yang dirancang unyu oleh anak-anak supay amereka attract menjadi yang paling dispilin
· tanyakan Pada bangun pagi jam berapa?apa saja yang dilakukan?sudah membantu orangtua?sudah makan?gosok gigi?sudah mengulang pelajaran??
· HARAPAN HARI INI.......@pohon harapan
Hari sebelumnya sudah diminta bikin harapan sejak dirumah dan nanti ditempelin di pohon.....
2. Dengan sapa, seyum, salam
3. Dibuka dengan salam, tagline kelas
· hmhmm...mungkin , YES, karena kami adalah BINTANG
· membaca Quran singkat
· hikmah dongeng bijak (secara bergantian akanmedongengkan hikmah inspiring Alfatihah tentang pengembangan potensi diri dan Al-alaq tentang membaca tentang ilmu pengetahuan atau tentang keajaiban matematika Allah)
4. ada pre test nya tapi untu pertemuan pertama pertanyaan tentang kebiasaan kehidupan sehari, selebihnya pretest tentang pelajaran
5. Diisi dengan aktif, penuh keingintahuan, dan partisipatif, serta antusias
6. Diselingi istiraht dan permainan tangan dan olah otak /goyang duyu
7. Ada post test
8. Evaluasi hari ini (evaluasi hari ini: seagala ungkapan apa yang didapatkan, terimakasih, maaf, saran, dan lain-lain)
Contoh:
‘...ayo hr ini kita kan melihat bagaimana permainan games kita hari ini telah kita buat. Pertama apa yang kita dapatkan hari ini (sambil semua menggerakkan tangan ketas kebawah seperti meletakkan sesuatu ke kantong)....setelah itu secara bergiliran bagi yang mau mengatakan apa yang didapat. Setelah selesai sesi apa yang didapat, dilanjutkan dengan pola yang sama untuk sesi terimakasih, maaf, saran
Permainan:
- Ombak: goyang kencang
- Angin:
- Goyang duyu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar