Senin, 07 Januari 2013

“AUDIT TONE AT THE TOP, BUDAYA, DAN KARAKTER BANGSA DALAM TATA KELOLA INDONESIA MENUJU NEGARA MAJU 2030



MEMPERBAIKI BANGSA: PERSPEKTIF SEORANG PRESIDEN


“AUDIT TONE AT THE TOP, BUDAYA, DAN KARAKTER BANGSA DALAM TATA KELOLA INDONESIA MENUJU NEGARA MAJU 2030”













RAHMA SUCI SENTIA
0906558874
Penerima program YDBP UI angkatan 2009
JURUSAN AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS INDONESIA

DESEMBER 2012

Puji syukur pada Allah SWT yang telah melimpahkan begitu banyak karunia pada kita semua, sehingga kita masih bisa berusaha untuk terus bermanfaat banyak bagi ciptaan Tuhan lainnya. Shalawat beserta salam semoga senantiasa dilimpahkan pada nabi akhir zaman, Muhammad SAW.

Satu hal utama yang mendorong penulis untuk menyelesaikan karya tulis ini, yaitu sebuah cita-cita dalam diri penulis untuk memberikan sesuatu yang berharga bagi negara ini. Penulis ingin menjadi salah satu orang yang berjuang dan memberi value added positif demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera.

Karya tulis ini membahas tata kelola (good governance) Indonesia secara komprehensif baik tata kelola pemerintahan, korporasi, maupun masyrakatnya, mengingat begitu pentingnya peran tata kelola di Indonesia bagi tercapainya Indonesia dan Rakyat Indonesia yang Maju di 2030. Penulis menemukan adanya kelemahan dari tata kelola saat ini dan mencoba memberikan beberapa solusi untuk memperbaiki kondisi tersebut. Penulisan ini diilhami dari latar belakang keilmuan penulis di akuntansi terutama studi tentang Auditing dan Coporate Governance. Penulis menyimpulkan bahwa tata kelola sebuah perusahaan, tidak lain harus disokong oleh tata kelola pemerintahan dan masyarakat yang baik. Dorongan dan usaha perwujudannya pun harus melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan tentunya dimulai dari sosok pemimpin tertinggi, Presiden Indonesia.

Melalui kesempatan yang sangat berharga ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung penulis menyelesaikan karya tulis ini. Papa dan Mama penulis yang tak pernah lupa mendo’akan penulis menjadi pemimpin bangsa yang hebat serta menjadi anak yang sholeh. Semua saudara-saudara penulis yang telah mengilhami penulis menjadi orang yang lebih berprestasi dan yang telah mengajarkan arti perjuangan. semoga Allah membalas segala kebaikan Anda semua. Teruntuk Bu Purwanitingsih, Dosen Corporate Governance dan Salim Siagian, Dosen Internal Audit yang telah membimbing penulis selama pembelajaran di kelas dengan teori dan praktik nyata sehingga mengubah paradigma penulis tentang arti penting sebuah tata kelola dan kontrol dalam kehidupan pribadi, masyarakat, perusahaan, hingga negara. Teruntuk pula Arief Munandar, pakar konsultan manajemen BUMN serta mentor penulis di ILDP UI yang menanamkan cara berpikir pemimpin yang bukan terkungkung dalam kata ‘manajemen’ kini. “Manajemen’ yang terbatas pada ‘cara dan bagaimana mengelola’ menjadi ‘manajemen sebagai sebuah cara pikir pemimpin, hakikat, dan filsafat”.
Inilah menjadi inspirasi penulis untuk menulis dari perspektif presiden dengan solusi mengubah paradigma pikir seorang presiden.

Akhir kata, penulis menyadari bahwa begitu banyak kekurangan pada karya tulis ini, saran dan kritik yang membangun dari Anda sangat penulis harapkan. Semoga karya ini bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia. Hidup mahasiswa! Hidup pemimpin Indonesia yang berkarakter!

Jakarta, 14 Desember 2012




1 komentar:

  1. Themanya menarik, boleh saya minta copy filenya? Link yang diberikan pada postingan di atas tak bisa saya akses.Terima kasih ... :)

    BalasHapus