Selasa, 01 Januari 2013

Biografi Robert Owen


Biografi Robert Owen

-Ini Tugas Koperasi saya waktu dulu banget-:)


Oleh Rahma Suci Sentia (0906558874)

Pionir gerakan pastilah seseorang yang bisa dikatakan setengah gila dengan gebrakan perubahan yang mengubah paradima disaat itu. Begitupula Robert Owen, sosok “Father of English Socialism” dan penggebrak gerakan koperasi-Cooperative Movement- yang pemikiran dan aksinya dikenal sebagai pemberi nafas bagi keberadaan koperasi yang dikenal dewasa ini.

Dilahirkan Mei 1771 dari keluarga pengusaha besi kelas menengah yang juga seorang kepala kantor pos di North Wales, Inggris, Owen telah memperlihatkan multilalentanya dan jiwa pemimpin diantara anak seumurannya. Sang kutu buku yang menyukai musik dan olahraga ini telah menjadi asisten master di sekolah lokal saat berumur tujuh tahun. Jiwa bisnisnya pun telah terasah sejak kecil dari mulai magang di pabrik sampai akhirnya ia mampu mendirikan perusahaan manufaktur kapas sendiri dan menjadi pemain sukses di bidangnya.

Owen memang sosok yang ditakdirkan hadir ditengah meletusnya revolusi industry. Jiwanya memberontak terhadap setumpuk kebijakan yang lahir akibat dampak revolusi dimasanya. Saat itu, bisnis meroket tajam di Inggris karena permintaan meningkat. Kerakusan kaum bangsawan membawa mereka kepada kapitalisasi orang miskin dengan menambah jam kerja buruh menjadi 12 jam, enam hari seminggu, dengan sedikit upah dan jatah makan. Tak ketinggakan anak dibawah sepuluh tahunpun diangkat menjadi buruh karena upah yang jauh lebih murah dan tenaga yang masih fresh. Revolusi justru menjadikan kaum papa semakin menderita. Mereka tidak punya andil dalam perindustrian. Mereka hanya sekedar objek tambahan yang sebenarnya tidak diperlukan lagi ketika mesin menjadi pengganti posisi mereka sehingga mau tidak mau mereka terpaksa menerima aturan rimba yang ada.

Sejak mendirikan pabriknya di New Lanark, Owenpun melakukan perombakan terhadap buruhnya dengan mengurangi hari kerja buruh, menolak memperkerjakan anak dibawah sepuluh tahun. Di tempat itu, ia menyadari kemiskinan sangat terlihat, ia pun tergerak untuk memperhatikan kesejahteraan buruh. Dimulai dari perbaikan rumah dan sanitasi mereka, pembentukan pendidikan komprehensif bagi anak-anak buruh, pendidikan di malam hari untuk orang dewasa, mengadakan konser musik dan hiburan sampai dengan pembentukan toko-koperasi-yang dijual dengan harga murah bahkan pada akhirnya menjadi sumber usaha tambahan bagi buruh. Gebrakan Owen yang menjadikannya dikenal sebagai “philanthropist” merupakan model pengembangan komunitas yang terbukti memberi spirit tersendiri yang mendorong peningkatan produktivitas buruhnya. Sayangnya, Model Komunitas Landmark tidak menarik bagi bangsawan lain. Mereka memandang cost yang harus mereka keluarkan jauh lebih tinggi jika harus menyediakan kesejahteaan buruh. Memang tampaknya, keuntungan bisnis Owen malah didominasi untuk pengeluaran New Landmark dibanding ekspansi bisnisnya sendiri.

Lingkungan pemerintah dan rekan bisnis memang tidak mendukung sehingga tahun 1920an Owenpun gagal dengan usahanya ini.
Beberapa komunitas serupapun terus didirikan. Owen tak begitu saja padam dengan kegagalan Landmarknya. Misalnya, di tahun 1924, Owen melihat prospek baru untuk mendirikan komunitas co-operative New Harmony (Indiana) di United States. Akan tetapi, Owen lagi-lagi harus menelan pil pahit karena proyeknya rupanya tidak bisa diterima mayoritas masyarakat yang memang golongannya terkotak kotak- subkomunitas-.
Owen benar-benar seseorag yang idealis, nekat, pemimpin, toleransi tapi sangat naif. Ia sangat yakin dengan visi misinya dan proyek model komunitasnya yang tak ada satupun yang berhasil. Ia rela mati-matian menguras semua kekayaannya hingga jatuh miskin hanya untuk membela kaum buruh yang hanya sedikitpun dari mereka yang menyadari pengorbanan Owen. Sampai matinya pun, ia terus melakukan co-operative movement. Ia tak percaya dengan kekuatan independen kelas-kelas pekerja dan kelompok kapitalis yang dia pikir tidak lebih rasional dengan sistem mereka yang menyengsarakan dan   

Lambat laun usaha Owen kini mulai terasa. Sejak berhenti dari New Harmony, suaranya mulai di dengar. Ide-idenya tentang social demokratis, co-operative, pergerakan buruh mulai dikembangkan dan popular. Ini terjadi karena krisis menjadikan para kapitalis menyadari ide Owen bukanlah ide goblok tapi ide gila yang memang mereka butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar