Sabtu, 11 Oktober 2014

Tadabbur Alhajj 34 35



Tadabbur Alhajj 34 35
ayat 34
Ayat ini berisi (lagi lagi untuk sekian kalinya)tentang pemurnian tauhid" Tuhanmu adalah yg Maha Esa"
Dan 'bagi setiap umat telah kami syariatkan' menggambarkan seluruh tauhid sejak zaman Adam hingga Muhammad adalah 1 tauhid.
Pemurnian tauhid pada Allahdisini lbh spesifik saat kita berkurban. Allah (lagi2) mendahulukan 'menyebut namaNya seakan penyembelihan ternak itu tujuan utamanya memang agar kita sebut2 dan agungkan namaNya.
mereka yang memurnikan tauhid akan menyerahkan dirinya,seluruh hidup matinya,amal ibadahnya hanya untuk Allah,mereka lah orang orang  Mukhbitin.
Ayat 35
ciri2 mukhbitin:
1.disebut saja nama Allah,bergetarlah hatinya.
maksudnya,Sinyal patuhnya langsung kencang ketika mendengar perintah Allah.hati dan dirinya sigap merespon.tidak bertanya 'kenapa?'
Hatinya pun selalu berusaha menjauh ketika dekat dengan larangan Allah.tidak lagi perlu bertanya 'apa yang salah?'
inilah yang disebut getaran.
2.Sabar atas qadha dan qadhar Allah.
Ia pribadi tahan uji karna ia yakin makin berat ujian makin kencang doanya pd Allah dan makin dekatlah ia dgn Sang Pencipta
o
3.Orang yang menegakkan sholat.
~istiqamah menegakkan sholat diawal waktu
~khusyuk,totalitas,profesional dalam sholatnya
4.Infaq jadi lifestylenya
Sumber:
Tafsir Fii Zhilail Quran
Kultweet @@hafidhuddin
Tadabbur pribadi:
1.
Jika dihubungkan dengan ayat ttg syiar sebelumnya maka dpt disimpulkan
"Jika tauhid kita sdh benar ,kita sbnrnya telah msyiarkan islam itu". Nah,jika syiar islam belum marak dan tampak pudar kini,bisa jd krn tauhid umatnya blm benar".
Kita tinggal cek adakah hati kita tlh punya sensitiftas tinggi thpd perintah n larangn?Adakah kita tahan uji dgn cobaan?Adakah sholat kita telah benar benar sholat?Dan adakah kita bgitu gampang sekali berinfaq tanpa mikir lagi?Karena syiar islam akan tampak dr 4hal ini.
2.Bagi yg sdh diberi kesempatan berkurban atau baru bisa skdar melihat prosesinya saat Id adha nanti,mungkin kita bisa jdkan ajang belajar memurnikan tauhid kita..stdknya kita coba mulai dari resapi menyebut2 namaNya sbnyk2nya seikhlasnya2.InsyaAllah kita bisa rskan nikmat qurban sesungguhnya.(Semoga ya)
Wallahu'alam
Rahma Suci Sentia
#Boosting Your Dzulhijjah
To be continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar