Selasa, 25 Desember 2012

mengabdi tak batas waktu dan tempat

jika senin selasa, rabu, mereka telah menagis sedangkan aku tersenyum menenangkan. akan tetapi saat terakhir memang mengalahkan semuanya..
selalu penuh dengan tangisan. akhirnya kamis pagi ini aku menangis di depan mereka disaat pukul 6 mereka telah menanti mobil kolbak yang kami tumpangi melewati sekolah....disaat kaki 2 mungil itu berlari mengejar kolbak sambil berteriak , "Ibu bapak jangan pergi!!!!.Egoku kalah. sedingin apapun pasti siapapun akan menagis walaupun didepan anak muridnya....

menagis karena tak bisa berteriak lagi memanggil mereka dengan "Kelas Bintang"!!dan tak bisa mendengar teriakan mereka , "Yes We are Stars"..

menagis karena bertubi-tubi sms yang mereka kirimkan hari ini pasti tak pernah lepas dari kata penutup "YEs , We are Stars". *nb: sms??*hmh..tumben.pada bawa hp orangtua ke sekolah"

menangis karena tidak bisa berteriak mengingatkan aturan main bintang saat mereka bangor

menangis karena tidak bisa menghabiskan pagi-pagi dengan seduhan susu yang dibuat ibu dan bersiap-siap ke sekolah sembari mengantarkan adik angkat ke paud

menangis karena tidak bisa menghabiskan siang dengan mengajarkan les di sekolah dan berkunjung k e rumah mereka yang jau dan hanya bisa ditemppuh dengan
ataupun sholat berjamaah dan makan siang bareng

menangis karena tidak bisa menghabiskan sore dengan mengajar di pengajian mang encuk

menangis karena tidak bisa mempersiapkan media belajar kreatif setiap harinya untuk 3-4 mata pelajaran sambil menonton tutur tinular atau si madun (film wajib seluruh masyarakat)



Nur Dhani Hendranastitii, Siti Laila Kadriah, @siti, @lukman,Mahdalenah Lena
anak-anak masih aja nelponin dan sms...aku bingung mau balas gimana karena yang mereka sms, "ibu, aku rindu ibu.". ada saran ??????#bahkan hingga pagi ini
· ·

    • Mahdalenah Lena aku slalu balas dgn senyum " :-D " dan aku bilang "walaupun kita jauh,tp hati kita ttp dekat jd jgn sedih krn kamu adik2 kakak yg hebat kan?sudah janji loh smangat skolah.kl kalian semangat,ibu jg semangat kuliah."

      trus alihin ke topik laen.kaya "td ngapain aja?ngaji uda sampe mana?jgn lupa ya cuci tgn. makan dl makaaan..dan lain2 gt kak sen.." lumayan..mereka emg lg adaptasi dan blm biasa.sms aja seakan2 msh ngobrol ky disana.

      10 February at 08:09 ·

    • Mahdalenah Lena aku slalu balas dgn senyum " :-D " dan aku bilang "walaupun kita jauh,tp hati kita ttp dekat jd jgn sedih krn kamu adik2 kakak yg hebat kan?sudah janji loh smangat skolah.kl kalian semangat,ibu jg semangat kuliah."

      trus alihin ke topik laen.kaya "td ngapain aja?ngaji uda sampe mana?jgn lupa ya cuci tgn. makan dl makaaan..dan lain2 gt kak sen.." lumayan..mereka emg lg adaptasi dan blm biasa.sms aja seakan2 msh ngobrol ky disana.

      10 February at 08:09 ·

    • Nur Dhani Hendranastiti anak2 sy ga ada yg sms begitu.hehe.telpon jg ga ada.he...

      Jawab kayak lena aja,sen.

      Semangat,semangat! :D

      10 February at 09:13 ·

    • Mahdalenah Lena gue yakin anak2 kak dan jg msh sedih..kt murid gue,kls 4 byk yg ga masuk skolah.
      10 February at 14:27 ·

    • Nur Dhani Hendranastiti he... maksudnya kan lena ngasih contoh berdasarkan yg lena alami. kalo sy ga ada contohnya. hehe. tapi malah kesannya sy jahat ya... maaf, maaf... :)
      10 February at 17:25 ·
radang -_____- akibat kondisi panasdingin gak jelas. efek memaksakan tersenyum 2 hari ini dengan perasaan hati yang malarindu.rupanya aku melankolis..........#iburinduanak.com

entah apa yang harus dilakukan sepertinya 3 kali sehari mereka sms mulu. kalau telat dibalas 5 menit aja langsung ditelpon. smsnya kangenlah*ibu, lagi ngapain lah..persis seperti orang pacaran. hmhmh....anak-anak kelas bintang selalu membuatmu bingung, sedih, gundah

"ibu, aku kangen ibu"..
ibu lagi ngapain....
ibu kapan kemari agi

dan sepertinya pola pikir mereka sama...sms nya gak jauh dari 3 tema itu

dan aku selalu membalas dengan :)

jika mereka tak puas...menelponlah mereka langsung dari bojong....

tapi....telpon 1 jam yang lalu yang membuatku menagis dan bangga. "ibu hari ini, kita baca buku sebelum belajar, seperti kebiasaan kelas bintang yang diajarka. sejak ibu pergi, kami tetap baca buku walau hanya 5 menit.hari ini cika, nelpon ibu karena ada 1 orang yang gak baca. si mila, bu...""

Subhanallah..its miracle jauh dari ekpektasiku...tanpa kehadiranku mereka masih saja menjalankan aturan main....bahkan mereka melaporkan langsung ketika sabtu ini ada 1 anak dari 24 anak yang tidak membaca......

INGIN KUPELUK MEREKA....

#Kelas bintang!!!!! Yes, We are stars T.T


kala sakit yang sama di bojong, dlm waktu singkat aku cepat sembuh. padahal biasanya kalau radang paling cepat tiga hari. Ya, semua karena kekuatan cinta kepada kelas bintang. Siapa yang akan ngajar mereka kalau sakit. Bahkan rutinitas saat badan tidak fit, lebih berat karena saat itu adalah waktu aku harus mampir ke rumah anak-anak satu persatu. Yang pintar dikasih wejangan bareng ortu supaya mengizinkan mereka sekolah tinggi2 tanpa memberatkan orangtua. Kalau yang masih susah dalam belajar, diajarkan privat sambil ditanya kesukaan, hobi mereka, dan kucari intelegensia mereka di bidang lain. Saat sakit hari ini, rindu obat sayang seperti itu, akhirnya aku me -sms mereka via orangtua. Kepikirannya ingin memberitahukan kondisi kesehatan tapi gak mungkin lah mmebuat mereka nanti khawatir. Lalu akhirnya aku me sms mereka seperti ini "selamat berlibur sang bintang, hmhm daripada menghabiskan liburan hanya dengan bermain bola, voli, atau neggosip mendingan main di perpus di rumah pak lurah. banyak buku bagus-bagus yang disumbangakn dari kakak-kaka seluruh indonesia. ada buku pelajaran, tokoh, cerita, komik, bergambar, dll. gratis dan boleh dibawa beberapa hari ke rumah. buku bacaan untuk ibu-ibu kalian juga ada lho#karena buku adalah jendela dunia." hmhm, sore ini sms balasan datang bertubi-tubi mereka melaporkan semua buku yang mereka baca atau adda yang melaporkan kalau mereka sedang baca buku di rumah pak lurah bareng-bareng, atau ada yang dengan sigap menjawab" pastinya ibu, kan kelas bintang". Subhanallah,saya gak percaya ketertariakn mereka begitu luar biasa. Padahal waktu pertama kali saya datang kesana, pertanyaan pertama yang saya tanyakan kepada mereka berapa orang yang suka baca buku. tak ada satupun yang mengacung. Mereka hanya suka buku bergambar. Tapi celoteh tentang orang-orang desa yang sukses membangun desa dan berhasil bahkan hingga kota dan menjadi orang penting di sejarah indonesia, mungkin membuat mereka 'gak takut lagi baca'..tapi love reading. semoga bisa berlanjt Ya Allah. amin


upadate MPS:
Perbankan syariah=perbankan Islam=المصرفية الإسلامية= al-Mashrafiyah al-Islamiyah) =)
#belajar sebelum kuliah (akibat ngajarin anak-anak murid supaya belajar dulu sebelum sekolah, mau gak ma saya juga harus memberi contoh yang baik).huhuhu

kehidupan adalah kesempatan untuk kita belajar dan belajar mencari arti kehidupan
Untitled Album (33 photos)
My 23 Inspirative Days in Gerakan UI Mengajar Desa Bojong

aku dan kelas bintang seperti orang pacaran. aku ketawa gak jelas dan snyum sumringah atau merasa diperhatikan, atau merasa tersanjung pas dapat sms lucu, manis, dan sayang dari mereka.*bahkan hingga sore ini*. layaknya orang pacaran juga aku bisa dibuat nangis oleh tingkah laku mereka yang terkadang bikin kecewa..

nah, kebetulan 2 hari yang lalu, aku sedih sekali pas dapat laporan dari yang tidak dikenal, kalau kebiasaan membaca kelas bintang berkurang drastis. Sontak, aku kaget dan sedih. Esok harinya, aku memutuskan me-sms mereka via hp ortunya. Ya, dengan sms sedih, sekaligus mengancam dan harapan. Sedih karena mereka melanggar aturan main kelas bintang. Dan kuselipkan harapan-hapranku pada mereka. Hingga aku mengizinkan mereka MELUPAKAN aku tapi tidak boleh melupakan CITA mereka, JANJI CITA MEREKA, dan BERJUANG MERAIH cita dengan melaksankan aturan main yang mereka buat sendiri dan janjikan sendiri padaku.

sepertinya mereka terkejut dengan sms ku karena berbeda dari biasanya hanya 2 orang yang berani membalas dan inti sms 2 anak ini adalah mereka berjanji akan belajar, dan melaksanakan aturan main, dan saling mengingatkan temannya untuk melaksanakan aturan main asalkan aku gak pernah melupakan mereka.*hehe, kalau bahasa tulis sms mereka lebih lucu, unyu, dan bikin aku tertawa dan kagum juga*.

hari ini,aku sangat bahagia..........................................karena tanpa kupinta, echa, sang ketua kelas, mengabari keadaan kelas bintang."ibu, hari ini sudah banyak yang baca buku. Anggi, sang wakil pun me-sms, "bu yang baca hari ini banyak bu, bahkan mereka bacanya banyak kayak orang hamil.heh*bahasa sms...aneh*

Ya ya...aku belajar satu hal kemaren, memang seminggu ini aku teledor tidak meninjau mereka via ketua kelas dan para juara kelas (para core team). padahal ada sistem saling pengingatan di kelas yang kupersiapkan agar suasana belajar ketika ada GUIM dan tidak GUIM tidak berbeda.
dan seharusnya dari aku yang harus mengingatkan core team terlebih dahulu. anak-anak tersebut hanya butuh dIINGATKAN,. so, aku mesti ISTIQAMAH untuk terus tiap hari membantu mereka agar kebiasaan baik yang tertera di aturan main bisa menjadi habit mereka. BISA karena BIASA. ...bismillaah#Mengabdi tak batas waktu dan tempat


10 hours ago near Depok 1
minggu kemaren mendapat sms dari Puja dan anak-anak pengajian Mang Encuk. (anak-anak yang mengaji di ruah Mang Encuk sehabis magrib menjelang isya sambil aku bantuin ngajar ngaji sedikit2)....
entah kenapa, sms puja hari itu membuat aku kangen berat Bojong ...

sebenarnya kemaren adalah sms pertama puja ke aku selama ini. tapi sms nya berkali-kali. mulai nanya kabar hingga akhirnya dia curhat kalau dia sedih setiap lihat sudut ruangan yang biasa aku tempati ketika mengajar ngaji. bahkan untuk mengobati kesedihannya dia sering duduk dan berebutan duduk agar duduk di posisi yang selalu aku tempati itu. Seperti biasa, kalau adda anak yang mulai seperti itu, aku akan mengalihkan permbicaraaa di sms dengan hal lain. Biasanya ampuh.....!!!Tapi tidak dengan Puja..dia lagi-lagi me-sms bertubi-tubi hal yangmaksudnya sama dengan sms berbeda hingga aku bsa menjawab sesuai yang dia inginkan."Iya, ibu sayang ju adengan puja..ibu kangen sma puja.doakan saja rezki ibu lancar, umur ibu panjang, waktu ibu luang dan Allah ngizinin, insyaallah ibu akan mampir lagi..tapi Puja harus pintar ngajinya dulu, benar tajwidnya dan bagus iramanya.." Akhirnya dia mau menghentikan sms ratapan curhatannya.

Biasanya ku pelit sms bahkan belum pernah mengatakan "ibu juga kangen" karena akutakut mereka merasa sedih..Ya, akhirnya pada Puja aku bisa melontarkannya. agar ne anak bisa puas.=)

ya, puja, gadis manis, yang emang bintang kela 4, yang bebrapa kali berkunjung ke rumahku 9rumah ibu angkatku) buat diajarin matematika dan selalu nomor 1 kalau ingin setor hapalan atau bacaan tilawahnya...semoga jadi Hafidz ya, nak. #mylovelyBojong


Tidak ada komentar:

Posting Komentar